HUAWEI WIRELESS ROUTER WS330

            NAMA : JANUARYO G BADDU    
            KELAS : X TJKT 1
            MAPEL : TJKT



1.Pengertian Connect

 Connect adalah terhubung atau dengan kata lain menghubungkan komputer ke jaringan internet. Misalnya anda mengkoneksikan/ menghubungkan modem anda ke jaringan internet dan setelah status terkoneksi anda dapat mengakses informasi di internet itu namanya connect. Selain itu dengan terkoneksinya ke internet anda dapat terhubung dengan sesama pengguna internet di seluruh dunia. Jadi connect adalah hubungan yang dibutuhkan internet supaya bisa melancarkan atau memudahkan segala urusan dalam proses browsing.

Apabila kita ingin mengakses internet, namun status internet kita tidak connect ke jaringan internet maka kita tidak bisa mengakses internet. Jadi connect ini sangat penting agar kita bisa mengakses internet. Dengan connect-nya perangakat kita ke jaringan internet maka kita bisa membuka sebuah website, nonton video online, menggunakan social media, bermain game online, mendownload maupun mengupload sebuah file.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan definisi dari connect ke jaringan internet? Yang sebenarnya sering kita lakukan dalam menggunakan internet pada ponsel atau komputer untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari.

2.     PENGERTIAN WLAN

                WLAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network yaitu suatu jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data. Informasi atau data ditransfer dari satu komputer ke komputer yang lainnya menggunakan gelombang radio. WLAN juga sering disebut dengan Jaringan Nirkabel atau Jaringan Wireless.

Komponen-komponen dari WLAN

Komponen-komponen WLAN, pada umumnya seperti:

  • Mobile atau Desktop PC – Perangkat akses untuk user, mobile PC biasanya sudah terpasang pada port PCMCIA. Tetapi untuk Desktop PC umumnya harus ditambahkan wireless adapter melalui PCI card ataupun USB.
  • Access Point – Perangkat yang menjadi sentral koneksi dari user ke ISP, Access-Point memiliki fungsi untuk mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui media kabel, ataupun disalurkan ke perangkat WLAN yang lainnya dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.
  • WLAN Interface – Peralatan yang dipasangkan di Mobile atau desktop PC (Personal Computer), peralatan yang dikembangkan secara massal yaitu dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB.
  • Antena – Antena external (optional) yang dipakai untuk memperkuat daya pancar. Antena tersebut dapat dirakit sendiri oleh pengguna/user.

pengertian wlan

apa itu WLAN?

Kelebihan WLAN, seperti di bawah ini:

 

  • Mobilitas tinggi – Memungkinkan pemakainya untuk mengakses informasi dimana pun dia berada tentunya dalam jangkauan WLAN, tak terpaku pada satu tempat saja. Mobilitas yang tinggi tentunya bisa meningkatkan kualitas layanan dan kualitas produktivitas.
  • Mudah dan kecepatan instalasi – Instalasi WLAN tergolong mudah dan juga cepat, sebab dapat dilakukan tanpa harus memasangkan kabel di atap/dinding.
  • Sangat Fleksibel – Memungkinkan untuk membuat jaringan komputer dimana kabel tidak memungkinkan untuk digunakan.
  • Menurunkan biaya kepemilikan – Meskipun biaya investasi awal untuk perangkat keras WLAN lebih mahal daripada LAN, tapi biaya instalasi dan perawatan jaringan WLAN lebih murah, sehingga secara total dapat menurunkan besar biaya kepemilikan.
  • Scalable – Dapat menggunakan berbagai macam topologi jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan WLAN, seperti di bawah ini:

  • Kerahasian dan keamanan data kurang terjamin.
  • Biaya peralatannya rata-rata mahal.
  • Delay (penundaan) yang besar.
  • Adanya masalah propagasi radio misalnya seperti: terhalang, terpantul & banyak sumber interferensi.
  • Kapasitas dari jaringan menghadapi keterbatasan spektrum (pita frekuensi tak dapat diperlebar akan tetapi dapat dimanfaatkan secara efisien).

Itulah pembahasan mengenai definisi atau pengertian WLAN,

Pengertian Wireless dan cara Kerja

Definisi atau pengertian wireless dan cara kerjanya sebagai berikut;

Penjelasan tentang wireless

Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses internet.

Berikut ini kelebihan & kekurangan wireless

Kelebihan Wireless, sebagai mana di bawah ini :

  1. Pembagunan jaringan yang cepat.
  2. Mudah dan murah untuk direlokasi.
  3. Biaya pemeliharaannya murah.
  4. Infrastruktur berdimensi kecil.
  5. Mudah untuk dikembangkan.
  6. Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel.
  7. Mudah sekali untuk di-setup, dan juga handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.

Kekurangan wireless, dimana ada kelebihan tentunya pasti ada kekurangannya, antara lain :

  1. Keamanan atau kerahasiaan data data rentan.
  2. Interferensi gelombang radio.
  3. Delay (kelambatan) yang besar.
  4. Biaya peralatan rata-rata mahal.
  5. Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
  6. Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara maupun cuaca, artinya kualitas dari koneksinya saat cuaca bagus akan berbeda, saat kualitas koneksi cuaca buruk (kalau dipakai diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.
  7. Mahal dalam investasinya, kalau dibanding dengan menggunakan media kabel.
  8. Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibandingkan dengan menggunakan media kabel.

Perinsip kerja wireless

Cara kerja wireless ini disebabkan karena komputer mempunyaii built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless.

Adaptor wireless melakukan sejumlah pekerjaan. Yang pertama, mendeteksi apakah terdapat jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan  juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi setiap ada sinyal yang masuk. Setelah ada sinyal terdeteksi, untuk menghubungkannya yaitu melalui sign dan otentikasi pengguna. Apapun data yang dikirimkan dari komputer atau melalui laptop/notebook diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).

Konversi sinyal data digital kebentuk analog disebut dengan “modulasi”. Sinyal data digital ditumpangkan ke gelombang radio analog. Beberapa prinsip kerja wireless yang berbeda untuk melakukan hal ini, sehingga bagian data digital akan lebih banyak dapat dibawa oleh gelombang radio analog. Teknik yang dipakai untuk modulasi menentukan kecepatan dari transfer data jaringan wireless. Lalu sinyal radio yang disalurkan biasanya mempunyai frekuensi lebih dari 2,4 GHz diterima oleh sebuah router wireless ataupun sebuah wireless adapter.

Sebuah router witeless yaitu suatu stasiun penerima dari jaringan wireless. Hal tersebut direkonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital, oleh sinyal “demodulating” dan mengirimkannya melalui koneksi kabel Ethernet ke jalur super informasi yang disebut dengan internet.

Cara kerja dari wireless selanjutnya adalah proses sebaliknya saat menerima informasi pada komputer melalui jaringan wireless. Kali ini router menerima data digtal dari internet dan juga memodulasi kedalam bentuk analog. Lalu kemudian antena adapter wireless menerima sinyal analog dimodulasi dan demodulates kembali kedalam bentuk digital lalu ditransfer kedalam komputer.

Sebuah teknologi yang membuat semua ini terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang penting dalam jaringan wireless adalah router dan adapter wireless/Wi-Fi. Pada saat ini, kebanyakan laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan hardware dan juga software wireless/WiFi. Jaringan Hotspot wireless daerah di sekitar router wireless yang mempunyai kekuatan sinyal yang tinggi. Tentu saja cara kerja wireless melakukan transfer data yang lebih cepat di jaringan wireless ini.

Itulah artikel mengenai pengertian wireless dan cara kerjanya, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

3. PENGERTAIN CHECK MY NEWORK STATUS


      

  • ConnectivityManager memberi tahu aplikasi Anda tentang status konektivitas di dalam sistem.
  • Class Network mewakili salah satu jaringan yang saat ini terhubung dengan perangkat. Anda dapat menggunakan objek Network sebagai kunci untuk mengumpulkan informasi tentang jaringan dengan ConnectivityManager atau untuk mengikat soket di jaringan. Saat jaringan terputus, objek Network akan tidak dapat digunakan; meskipun kemudian perangkat dihubungkan kembali ke peralatan yang sama, objek Network baru akan mewakili jaringan baru tersebut.
  • Objek LinkProperties berisi informasi tentang link untuk jaringan, seperti daftar server DNS, alamat IP lokal, dan rute jaringan yang diinstal untuk jaringan.
  • Objek NetworkCapabilities berisi informasi tentang properti jaringan, seperti transport (Wi-Fi, seluler, Bluetooth), dan kemampuan jaringan. Misalnya, Anda dapat membuat kueri objek untuk menentukan apakah jaringan mampu mengirim MMS, berada di belakang captive portal, dan apakah objek berbayar.

Aplikasi tertarik dengan status langsung dari konektivitas kapan pun dapat memanggil metode ConnectivityManager untuk menemukan jenis jaringan apa yang tersedia. Metode ini sangat membantu dalam proses debug, dan secara berkala meninjau ringkasan konektivitas yang tersedia kapan saja. Namun, metode ConnectivityManager sinkron tidak memberi tahu aplikasi Anda tentang apa pun yang terjadi setelah panggilan, sehingga Anda tidak dapat mengupdate UI atau menyesuaikan perilaku aplikasi berdasarkan jaringan putus atau saat kemampuan jaringan berubah.

Karena konektivitas dapat berubah kapan saja dan sebagian besar aplikasi harus memiliki tampilan status jaringan yang selalu segar dan terbaru di perangkat, aplikasi dapat mendaftarkan callback dengan ConnectivityManager agar diberitahukan tentang perubahan yang penting bagi aplikasi. Dengan callback, aplikasi Anda dapat langsung bereaksi ke perubahan relevan apa pun di konektivitas tanpa harus melakukan polling mahal 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL P5- IMANUEL